logo

PT Polytama Propindo bersama dengan Pemkab Indramayu berkolaborasi dalam bangun biodigester, ubah sampah jadi gas penganti elpiji

news

10 Oct, 2023

Halo, Sobat Petkims! PT Polytama Propindo (Polytama), anak usaha PT Tuban Petrochemical Industries (TubanPetro), bersama dengan Pemkab Indramayu berkolaborasi dalam penanganan sampah dengan membangun Biodigester di Pusat Kuliner Cimanuk (Kulcim), dengan cara mengubah sampah organik menjadi gas methane pengganti elpiji yang bisa digunakan oleh para pedagang.

Biodigester rencana akan diresmikan pada awal bulan Oktober oleh Kementerian LHK RI. Untuk saat ini, 6 unit tungku kompor gas sudah diberikan kepada pedagang dan akan ditambah jika pedagang sudah paham manfaat dan cara mengelolanya.  

Polytama terus melakukan edukasi kepada para pedagang di Kulcim agar melakukan upaya mandiri dalam pemilahan sampah organik yang bisa dijadikan bahan gas methane. Edukasi meliputi penjelasan sampah organik sisa makan yang bisa diproses yaitu sampah yang belum bisa tercampur dengan sabun atau air deterjen dan tidak ada sisa kulit jeruk, agar mampu diurai bakteri dan menghasilkan gas.  

Pedagang di Kuliner Cimanuk, akan sangat terbantu dengan adanya Biodigester karena jika dibandingkan dengan gas elpiji, maka api yang dihasilkan lebih besar dan biaya energi lebih hemat. 

#TubanPetro #PetrokimiaNasional #PolytamaPropindo #Biodigister

Editor:Karin