logo

TubanPetro Komitmen Terapkan Keberlanjutan dalam Industri Petrokimia

news

20 Mar, 2024

PT Tuban Petrochemical Industries (TubanPetro) memastikan bahwa keberlanjutan, inovasi, penyesuaian, menjadi bagian visi integral untuk terus mendorong pertumbuhan bisnis. TubanPetro juga berkomitmen mengurangi dampak lingkungan, mendorong tanggung jawab sosial, mendorong inovasi dan teknologi, serta menjalankan prinsip net zero secara bertahap untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. 

Apalagi industri petrokimia saat ini tengah fokus pada isu keberlanjutan seiring dengan upaya untuk memenuhi kebutuhan populasi yang tumbuh pesat juga kehadiran target net-zero (kondisi dimana jumlah emisi karbon yang dilepaskan ke atmosfer tidak melebihi jumlah emisi yang mampu diserap oleh bumi) di masa depan.

Berdasarkan proyeksi Independent Commodity Intelligence Services (ICIS), permintaan petrokimia di kawasan Asia diperkirakan akan mencatat pertumbuhan tahunan sebesar 4,0% sehingga menghasilkan emisi gas rumah kaca yang lebih tinggi dan harus diatasi dengan penerapan teknologi baru. 

Melalui teknologi baru, industri petrokimia dapat mengembangkan plastik yang lebih mudah terurai, bahkan bioplastik yang sepenuhnya bisa terurai di alam lho! Selain itu pemanfaatan teknologi otomatisasi dan robotika untuk memisahkan, membersihkan, dan mendaur ulang berbagai jenis plastik juga dapat dilakukan untuk mengurangi pencemaran lingkungan dan penggunaan bahan baku baru dalam proses produksi. 

Perluasan kapasitas produksi yang tengah dilakukan TubanPetro saat ini, memperhatikan upaya keberlanjutan untuk penguatan struktur industri petrokimia dalam negeri, agar bisa tumbuh mendukung pemenuhan kebutuhan dalam negeri. Perluasan kapasitas produksi dan terciptanya pabrik petrokimia terintegrasi TubanPetro diharapkan akan menyehatkan kondisi devisa negara.

#TubanPetro #Petrokimia

Editor:Karin