logo

Pertamina Ungkap Potensi Besar Bisnis Petrokimia di RI

news

21 May, 2024

Industri petrokimia memiliki peran vital dalam perekonomian nasional dan global. Di Indonesia, meskipun memiliki potensi besar sebagai produsen bahan baku petrokimia, namun industri ini masih belum berkembang sebagaimana seharusnya. Banyak tantangan sekaligus kesempatan yang mewarnai pengembangan bisnis petrokimia di Indonesia.

Pembangunan Industri Petrokimia Nasional penting bagi Indonesia untuk mendukung pertumbuhan dan diversifikasi ekonomi, mengurangi ketergantungan impor, memberikan penambahan nilai dan mendorong pertumbuhan industri hilir. Petrokimia merupakan penyedia bahan baku penting untuk berbagai industri lainnya, termasuk otomotif, konstruksi, pengemasan, dan tekstil. Mengembangkan sektor petrokimia yang kuat dapat mendorong industrialisasi dan meningkatkan daya saing Indonesia.

Dalam kondisi yang serba fluktuatif, dukungan Pemerintah sangat diperlukan untuk membangun ketahanan industri petrokimia nasional melalui relaksasi kebijakan atau proteksi harga produk nasional dari serangan produk impor yang memiliki harga lebih kompetitif. Selain itu diperlukan jaminan pasokan bahan baku lokal dengan insentif harga yang kompetitif dibandingkan impor.

Sumber: finance.detik.com

Editor:Karin